12 Dec 2023

4 Alasan Mengapa Pengemudi Cepat Lelah Saat Mengendarai Mobil


Jakarta, Tokoparts.com – kalian pernah ga sih tiba-tiba badan kalian terasa nyeri, pegal, lelah, dan ngantuk saat nyetir mobil? Ternyata berkendara mobil selama lebih dari 2 jam akan meningkatkan resiko itu loh, bahaya banget kan.
 

Ada beberapa penyebab nih yang bisa kalian cegah biar kalian aman saat mengemudikan mobil sebelum kecelakaan terjadi. 
 

1. Posisi duduk salah

Posisi duduk punya peran penting banget loh buat bikin rasa nyaman sama pasangan kalian!
Maaf-maaf, maksudnya posisi duduk punya peran penting banget buat bikin rasa nyaman dan menjaga kesehatan tubuh kalian saat berkendara.

Perhatiin deh posisi duduk kalian, tegakkan sandaran badan dan pastiin kaki masih ada ruang untuk bergerak bebas. 

Posisikan tubuh kalian senyaman dan seaman mungkin, sehingga kalian bisa dengan mudah mengendalikan kendaraan dan ga kesulitan untuk menjangkau tombol-tombol yang ada di dashboard mobil. 
 

2. Mengemudi tanpa istirahat

Biasanya nih buat kalian yang suka merasa sok kuat dan merasa mampu, kalo disuruh nyetir dengan jarak jauh seorang diri terus gak mau istirahat. 

Bukan cuma pegal doang, konsentrasi kalian juga bisa ikut berkurang tau gak? kalian akan mengantuk dan berujung microsleep bahkan kecelakaan. Kalo memang  udah  capek dan butuh istirahat, segera berhenti di area publik yang aman. Terus bobo cantik dulu deh.

 

Ilustrasi mengantuk saat mengendarai (drive-smart.com)
 

3. Mengabaikan Kesehatan tubuh

Sebelum mengemudi, kalian bisa memeriksa kondisi tubuh untuk menghindari hal-hal buruk, seperti penyakit bawaan yang bisa kambuh atau leher menjadi kencang karena makan sate kambing. Pola makan juga harus diperhatikan sesuai kebutuhan tubuh kalian ya. Bila tubuh sehat, maka perjalanan akan terasa nyaman dan menyenangkan. 
 

4. Tidak bisa bersikap tenang 

Terkadang dikondisi jalanan yang padat merayap kalian merasa emosi, marah-marah dan terus menerus mencet klakson panjang. Selain mengganggu pengendara lain hal tersebut bisa menghabiskan banyak energi loh, ada baiknya kalian tetap rileks dalam berkendara.

Jika kondisi jalan memang macet kalian bisa memanfaatkannya dengan melakukan peregangan ringan sambil dengerin musik, atau kalian bisa ngemil tahu sumedang kalo ada yang jual. Jadi saat jalanan udah ga macet kalian bisa kembali melaju dalam kondisi badan yang lebih berenergi. 

Stay safe dan healty ya guys biar perjalanan kalian aman dan sampai tujuan dengan selamat. Ingat! keluarga tercinta menunggu kedatangan kalian dirumah.

Bagikan
Chat