12 Dec 2023

Ini Dia Rahasia Waktu Tepat untuk Mengganti Kampas Rem Mobil, Jangan Sampai Terlambat!


 

Jakarta, Tokoparts.com – Bro and sis kalian tau ga sih sistem rem punya peranan yang penting buat kendaraan kalian?  Sistem ini berfungsi untuk menjamin keselamatan kalian semua. Bisa bayangin gak kalo sistem ini ga ada? Gimana caranya kalian ngeberhentiin kendaraan kalian?

Nah, agar performanya selalu dalam kondisi baik, kampas rem harus selalu diganti jika masa pakainya habis. Ga cuma bisa membahayakan pengemudi dan penumpang aja loh, telat ganti kampas rem juga bisa bikin komponen-komponen mobil lainnya jadi rusak, kalian ga mau kan jadi repot kalo rusaknya menjalar kemana-mana?.

Jadi, kalo kalian ganti kampas remnya telat, bisa-bisa cakram mobil kalian ikut rusak juga dan bisa berujung ngeluarin biaya yang lebih banyak dari biasanya buat servis mobil kalian nih.

 

Ilustrasi mengganti kampas rem mobil (otomotivenet1.blogspot.com)
 

Ada beberapa patokan nih yang bisa kalian pake sebagai indikator menentukan kapan waktunya untuk mengganti kampas rem mobil kalian.

Normalnya kampas rem harus rutin diganti setiap kurang lebih 30.000 kilometer guys, tapi waktu penggantiannya ga menentu dan bahkan bisa lebih cepat dari biasanya.

Ciri-ciri lainnya yang bisa kalian amati adalah terdengar suara pada bagian roda mobil, khususnya roda bagian depan mobil. Kampas rem yang udah habis bakalan menimbulkan bunyi desing kasar kaya gesekan antar logam. 

Bagikan