21 Feb 2024

Menggali Lebih Dalam Fungsi Air Radiator Mobil dan Trik Cara Kerjanya!


Jakarta - Nah, pada tau gak sih, mobil tuh punya banyak komponen, salah satunya itu radiator. Radiator ini kayak jadi bouncer buat mesin, jadi gini, pas kalian nyalain mesin, suhu mesin bisa melonjak naik, kan? Nah, buat ngindarin mesin overheat, radiator ini jadi pahlawan buat nge cool down mesin.

Supaya si radiator ini bisa kerja maksimal, ada satu komponen lagi yang perlu ada, namanya coolant atau air radiator. Pada penasaran kan tuh air radiator mobil tuh ngapain aja?

Fungsi Air Radiator

Oke, jadi menurut info yang terjamin dan terpercaya, air radiator ini punya tugas buat nerima panas yang keluar dari dinding silinder mesin. Karena, radiator ini punya peran penting banget buat ngurangin panas yang dihasilkan waktu mesin lagi bekerja keras.

Jadi, coolant yang dipake buat air radiator harus yang bermutu bagus ya. Supaya bisa tahan sama suhu panas yang tinggi.

Cara Kerja Radiator Mobil

Nah, ini dia cara si radiator mobil ngadepin panas. Pertama-tama, air dingin alias coolant dialirkan ke sekitar mesin buat nyerap panas. Selama jalan, air ini bakal bawa panas dan dibawa balik ke radiator.

Sampai di radiator, air yang udah panas itu bakal masuk ke upper tank buat ngedinginin. Setelah itu, coolant bakal dikirim lagi ke radiator core yang tugasnya ngeluarin panas ke udara.

Buat bantu radiator core ngeluarin panasnya, ada kipas radiator yang bantu ngehisap udara. Biar ada aliran udara di antara sirip-sirip udara di radiator core.

Setelah panas udah kebawa semua dan airnya dingin lagi, coolant bakal dialirin lagi di sekitar mesin buat nyerap panas lagi.

Jenis-jenis Air Radiator

Nih ada tiga jenis air radiator yang biasa dipake sama pabrikan mobil. Dan tiap jenis punya tugas yang beda.

  1. Inorganic Additive Technology (IAT): Buat mobil tua, masa pakainya sekitar 2 tahun atau 38.000 kilometer.
  2. Organic Acid Technology (OAT): Ini lebih tahan lama, bisa diganti setiap lima tahun atau 80.000 kilometer.
  3. Hybrid Organic Acid Technology (HOAT): Ini jenis terbaru, hasil pengembangan dari coolant OAT. Masa pakai dan waktu ganti nggak jauh beda.

Aman Nggak Sih Isi Air Radiator dengan Air Biasa?

Eh, ada nih yang masih suka isi radiator pake air biasa. Ternyata, nggak aman, guys! Lebih baik hindarin deh. Terutama buat mobil sekarang yang mesinnya canggih, mending pake coolant khusus radiator.

Yaudah, gitu aja penjelasan tentang fungsi air radiator dan cara kerjanya. Semoga kalian pada nambah pengetahuannya ya!


 

Bagikan
Chat